Tips Penurun Berat Badan Aman untuk Ibu Menyusui

Pembahasan kita sekarang adalah Penurun Berat Badan Aman untuk Ibu Menyusui. Setelah melahirkan banyak dari ibu muda sudah merencanakan untuk melakukan program diet. Hal ini disebabkan karena selama hamil dan melahirkan tubuh menjadi melar. Tetapi untuk melakukan diet pada masa menyusui sebaiknya harus direncanakan dan dilaksanakan dengan tepat. Jangan sampai saat melakukan program diet malah mengganggu kondisi fisik Anda pada masa menyusui.

Penurun Berat Badan Aman untuk Ibu Menyusui

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan bila Anda ingin melakukan program diet selama masa menyusui

1. Konsumsi buah dan sayuran kaya warna

Hal ini karena buah dan sayur yang kaya warna mengandung vitamin yang bervariasi. Tentunya ini akan baik bagi program diet Anda. Selain itu khasiat buah dan sayur ini akan membuat kesehatan Anda terjaga selama masa menyusui. Produksi ASI juga bisa ditunjang dengan makan buah dan sayuran. Dengan buah dan sayur ini juga akan membuat Anda terhindar dari keinginan ngemil.

2. Makanan seimbang

Program diet seringkali dikaitkan dengan cara mengurangi lemak dan karbohidrat. Namun kebanyakan orang menyalahartikan dengan tidak mengonsumsi lemak dan karbohidrat sama sekali. Padahal saat menyusui Anda sangat membutuhkan asupan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda tetap mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak, namun dengan porsi yang berimbang.

Penurun Berat Badan Aman untuk Ibu Menyusui

3. Konsultasi dengan ahli gizi

Sebelum melakukan program diet sebaiknya datangi ahli gizi terlebih dahulu. Hal ini guna mendapatkan masukan metode diet apa yang tepat saat Anda menyusui. Karena pada dasarnya, proses menyusui juga akan membantu Anda menurunkan berat badan. Oleh karena itu, tanyakan pada ahli gizi mengenai bagaimana cara diet yang benar agar tidak mengganggu kualitas ASI.

4. Banyak minum air putih

Ibu menyusui membutuhkan asupan air yang lebih banyak dari pada orang biasa. Konsumsi air putih dan jus buah tanpa gula akan lebih baik dalam program diet Anda. Hindari konsumsi kafein, merokok atau minum alkohol yang dapat mempengaruhi kualitas ASI.

5. Tetap melakukan aktivitas harian

Selama program diet Anda tetap harus melakukan aktivitas harian seperti mengasuh bayi sendiri (tanpa pengasuh) atau melakukan pekerjaan rumah lainnya. Hal ini akan membantu Anda dalam membakar kalori dan melancarkan metabolisme.

6. Menyusui

Kegiatan menyusui merupakan hal yang paling dianjurkan untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Hal ini juga dapat memberikan asupan gizi yang baik untuk bayi Anda. Memberikan ASI setiap harinya dapat mengurangi 5000 kalori yang ada di dalam tubuh Anda.

7. Gunakan korset

Selama program diet gunakanlah korset untuk mengikat perut Anda. Hal ini selain untuk menurunkan berat badan juga untuk mencegah pembengkakan perut. Dan juga mampu mendorong perut Anda menjadi rata dan kembali seperti semula. Cara ini sangat dianjurkan pada awal minggu setelah melahirkan.

Demikian tips-tips Penurun Berat Badan Aman untuk Ibu Menyusui bagi Anda yang ingin melakukan program diet selama masa menyusui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply